Cara Membuat Toko Online

Cara Membuat Toko Online

Cara Membuat Toko Online

Langkah awal dalam memiliki  toko online adalah dengan cara membeli master franchise toko online. Contoh milik saya bisa Anda lihat Franchise Toko Online Global, dan jika tertarik memilikinya bisa bergabung di franchise toko online global, cara menjalankannya step by step bisa Anda pelajari di Peluang Bisnis 10 Milyar. Dengan memilikinya Anda sudah langsung menjadi pebisnis global kelas dunia, dimana Anda bisa membuka cabang toko online di seluruh dunia, pemasarannya didukung oleh sistim ecommerce, network dan dropshipping, sehingga Anda tidak perlu direpotkan dalam banyak hal, karena semua transaksi bisa berjalan secara online, dan didukung penuh oleh perusahaan.

Namun jika Anda mau belajar membuat toko online sendiri, maka di RWP Jatijajar ada dua alternatif pilihan yang disediakan sebagai cara membuat toko online:

  1. Bimbel 75 Ribu mengajarkan cara membuat toko online dengan blogspot, fasilitas gratis dari google akun, themenya diubah menjadi theme toko online yang bisa Anda dapatkan sewaktu bimbel berlangsung. Keuntungannya adalah fasilitas ini free, sehingga Anda tidak perlu bayar domain dan hosting. Alat analisis google analytics dan webmaster tools bisa Anda gunakan. Namun ada juga kelemahannya, dimana fasilitias untuk menempatkan meta keyword yang berbeda di setiap artikel tidak tersedia. Kemudian kesan gratisan dalam berbisnis adalah kurang profesional.
  2. Bimbel Toko Online mengajarkan cara membuat toko online dengan wordpress menggunakan domain dan hosting milik Anda sendiri. Tentu dengan cara ini Anda akan terlihat lebih profesional, karena Anda bisa membeli domain sesuai pilihan Anda sendiri. Anda bisa menggunakan email pribadi atas nama domain pilihan Anda. Banyak fasilitas plugin dan widget yang bisa Anda gunakan dalam mengoptimasi blog toko online Anda. Selanjutnya bisa menggunakan beberapa sub domain untuk mendukung promosi domain utama yang Anda miliki. Namun ada harga yang harus Anda bayar untuk membeli domain dan hosting pilihan Anda.

Cara mana pun dari kedua opsi di atas yang dipilih, proses cara membuat toko online adalah sama, diawali dengan riset pasar untuk mencari keyword utama yang akan Anda gunakan sebagai dasar pembuatan blog toko online. Untuk itu akan digunakan fasilitas Google Keyword Planner untuk mendapatkan 10 keyword pilihan Anda, yang banyak dicari orang setiap bulannya.

Dari kesepuluh keyword tersebut akan ditentukan keyword mana yang harus ada di domain dan di judul blog, selanjutnya semuanya harus dimasukkan di dalam deskripsi blog. Berdasarkan keyword tersebut Anda memeriksa ketersediaan domain Anda dengan menggunakan domain.com jika ingin membeli domain sendiri dan di blogger.com jika ingin menggunakan fasilitas free. Jika domain pilihan Anda tersedia, silahkan melakukan pemesanan domain dan hosting di tempat yang Anda inginkan.

Setelah domain dan hosting tersedia, saatnya membuat artikel yang sesuai dengan kebutuhan SEO. Untuk itu persiapkan terlebih dahulu image untuk setiap produk yang mau dipromosikan di blog toko online. Ingatlah bahwa proses pembuatan artikel ini adalah langkah terpenting dalam menentukan kesuksesan  toko online Anda. Agar keyword yang Anda tanamkan di dalam setiap artikel produk mudah ditemukan oleh robot google, maka perhatikan ketentuan berikut:

  1. Keyword harus ada di domain, judul (blog/halaman/posting), meta description, dan meta keyword, pada caption – alt txt – title txt setiap image, tersebar dalam artikel minimal di paragraf pertama, paragraf inti dan paragraf penutup, dengan density keyword antara 2-5%
  2. Ukuran image usahakan sekecil mungkin, atau lebih baik pilih ukuran miniature 150 pxl X 150 pxl agar tidak memperlambat proses loading blog.
  3. Gunakan SEOMofo untuk memeriksa tampilan judul dan deskripsi blog di google search sebelum artikel itu diterbitkan dan dishare. Ingat ada batasan karakter yang dipengaruhi ukuran pixel untuk judul dan deskripsi artikel
  4. Gunakan menu Diagnosis SEOQuake untuk memeriksa keseluruhan artikel yang sedang Anda buat, mulai dari URL, Title, Meta description, Meta keywords, Headings, Images, Text/HTML ratio, dll. Tugas Anda adalah untuk mendapatkan centang hijau, atau minimal tanda kuning, dan jangan sampai ada yang disilang merah. Gunakan menu Show Advice  sebagai alat bantu. Jika diagnosis sudah sesuai harapan, barulah artikel itu dipublish dan dishare ke social media.
  5. Setiap artikel perlu dishare ke berbagai social media agar mendorong pengunjung menuju blog Anda, lihat di namechk social media yang bisa Anda gunakan. 
  6. Untuk mempermudah Anda dalam  melakukan share artikel ke social media, gunakan alat bantu shareaholic
  7. Setelah memiliki artikel pertama, silahkan daftarkan blog Anda ke Google Analytics untuk mendapatkan ID, dan ke Google Webmaster untuk melakukan submit URL dan mengatur penargetan negara tujuan promosi blog. Satu fasilitas di google webmaster yang bisa Anda gunakan untuk mempercepat artikel Anda terindeks oleh google adalah fasilitas fetch as google di menu Crawl.
  8. Lakukan submit URL  artikel ke sejumlah social bookmark untuk mendorong pengunjung atau backlink ke blog Anda
  9. Gunakan keyword utama artikel, atau judul artikel Anda sebagai nama pemberi komentar dan menggunakan URL artikel tersebut sebagai alamat website Anda ketika memberi komentar di blog orang lain yang topiknya identik dengan artikel Anda. Dengan cara ini ada dua keuntungan utama yang Anda peroleh yakni, keyword Anda terindeks oleh robot google, dan mendatangkan backlink ke blog Anda.
  10. Di setiap penulisan artikel disediakan fasiltas tag, atau Label di blogger, maka gunakan alat ini untuk menentukan 10 tag/label yang keywordnya ada tertulis di artikel Anda, dengan demikian robot google akan mengindeksnya sebagai keyword dari artikel Anda. Maka satu artikel minimal sudah 10 kali terindeks oleh robot google hanya dari tag atau label artikel
  11. Lakukan langkah-langkah di atas untuk kesepuluh keyword yang Anda tentukan di awal pembuatan blog toko online Anda, artinya ada minmal 10 artikel yang harus Anda buat, dan jika kesepuluh artikel sesuai keyword awal pembuatan blog sudah dipublish, minimal artikel Anda sudah mendapatkan 100 google indeks hanya dari tags, belum lagi dari keyword yang Anda masukkan di meta keyword.
  12. Tugas selanjutnya adalah memeriksa search queries di google webmaster, target awal adalah mencapai 50% angka search queries, artinya 50% dari google indeks sudah terdaftar di webmaster
  13. Sesuai data search queries lihatlah keyword mana yang sudah menghasilkan klik terbanyak. Untuk itu Anda perlu membuat artikel baru sesuai dengan keyword turunan atas keyword yang sudah menghasilkan klik tersebut. Gunakan Google Keyword Planner untuk membantu Anda dalam menemukan keyword turunan yang banyak dicari setiap bulannya.
  14. Optimasi blog Anda dengan menggunakan fasilitas Whatsmyserp untuk mengetahui posisi page rank artikel Anda di google search. Tugas Anda adalah menempatkan keyword atas artikel yang sudah terindeks dan menghasilkan klik di halaman pertama google search. Untuk itu gabungkan fasilitas SEOQuake, Google Keyword Planner dan SEOMofo untuk mengoptimasi artikel Anda, agar bisa bersaing untuk tampil di halaman pertama mesin pencari khususnya google search.
  15. Daftarkan blog toko online Anda ke google place atau google business agar terdaftar resmi di google map, dengan demikian, Anda juga akan mendapatkan google+ page dan satu channel you tube.
  16. Di Google+ page Anda bisa bergabung dengan berbagai komunitas bisnis yang berhubungan dengan blog toko online Anda, dengan demikian menjadi sarana promosi praktis untuk mendapatkan pengunjung dari berbagai komunitas dari google+ page
  17. Maka gunakan channel you tube tersebut untuk mempromosikan blog Anda dengan membuat video profil diri, profil  bisnis, atau penjelasan produk yang dipromosikan di blog. Ingat efek visual darisebuah video sangat powerfull. Cover channel you tube biSa digunakan  untuk promosi link blog, dan sejumlah social media yang berhubungan dengannya. Silahkan mendaftar menjadi mitra you tube untuk mendapatkan fasilitas maksimal dari you tube, yakni berupa annotation, fasilitas monetization, dan live events.
  18. Ingatlah hal ini, bahwa google+ page dan channel you tube mampu dan sangat powerfull untuk mengantarkan keyword artikel Anda ke halaman pertama google search.
  19. Itulah serangkaian langkah awal cara membuat toko online, masih banyak hal lain yang bisa kita lakukan untuk optimasi blog.

Jika Anda butuh bantuan dalam membuat video tutorial, atau video promosi, RWP Jatijajar menyediakan workshop Membuat Video Tutorial, juga menyediakan produk Cara Membuat Video. Dan jika Anda butuh bantuan dalam mengoptimasi blog, RWP Jatijajar juga menyediakan Bimbel SEO Dasar dan Bimbel SEO Menengah, jawal bimbel bisa Anda lihat di Kalender Kegiatan di widget halaman blog ini.

Untuk konsultasi silahkan menggunakan kontak form Hubungi RWP Jatijajar, dan untuk hal khusus bisa menghubungi Vitus Polikarpus di:

About Peluang Bisnis Toko Online

Trainer Interner|Tutor Computer|Social eCommerce Consultant
Tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Cara Membuat Toko Online

  1. trimakasih pak
    tips yang bagus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *