Praktek Membuat Blog Toko Online

Praktek Membuat Blog Toko OnlineSejak membuka Bimbel RWP Jatijajar di Bulan April 2014, ternyata baru di Bulan Maret 2016 ini saya baru coba praktek membuat blog toko online sendiri untuk dikelola oleh istriku. Blog toko online ini diberi judul Jual Produk Tupperware Harga Murah, khusus menjual produk-produk dari PT Tupperware Indonesia.

Sejak saya membuka bimbel RWP Jatijajar sesungguhnya istri saya tidak suka dengan urusan bisnis online. Karena tidak terbiasa dengan menulis artikel di blog, dan belum pernah berjualan produk secara online sebelumnya. Namun entah kenapa, pada saat kami mengikuti sebuah kursus Merried Encounter di penghujung Bulan Pebruari 2016 lalu, disana kami coba bicara dari hati ke hati. Bahwa sebenarnya bisnis online itu harus ditekuni berdua, agar bisa berjalan dengan baik. Dimana harus ada keselarasan antara suami-istri agar pintu rezeki terbuka. Karena bagaimana mungkin seorang suami bisa sukses berbisnis online, jika istrinya tidak menyukai bisnis tersebut ? Selanjutnya pembicaraan berlanjut dengan kegiatan kami membantu pembuatan video promosi di rumah teman satu lingkungan di Blok D Perumahan Jatijajar. Pada waktu itu ternyata istri saya sepakat dengan temannya yang sedang kami bantu pembuatan video promosinya, untuk mencoba ikutan menjual Produk Tupperware.

Jika suami-istri bisa berada di jalur bisnis yang sama, maka hal-hal negatif tentang bisnis online bisa diminimalkan. Khususnya saat ada ketidaksesuaian pendapat dalam kehidupan sehari-hari. Satu kata negatif saja tentang bisnis online, bisa membuat demotivasi dan malas menjalankan bisnis online. Namun ketika suami istri saling mendukung, saling menyemangati, maka keduanya akan saling melengkapi untuk mencapai sukses bersama di bisnis online.  

Inilah proses Praktek Membuat Blog Toko Online

Saya coba kembali membuka materi pelajaran yang sudah pernah saya ajarkan sebelumnya. Kemudian saya padukan dengan rekapan diskusi di WA Grup Diskusi Alumni bimbel RWP seluruh Indonesia. Maka langkah pertama yang saya lakukan adalah riset keyword. Mencari kata kunci yang tepat, yang akan saya jadikan judul blog dan artikel di blog toko online yang akan saya tulis.

Maka sampailah pada penemuan riset keyword dengan tiga keyword utama yang pencarinya di atas 1.000 yakni:

  1. Harga Tupperware
  2. Produk Tupperware dan
  3. Tupperware Murah

Selanjutnya dari ketiga keyword utama ini, saya jadikan judul blog Jual Produk Tupperware Harga Murah. Agar tidak menyalahi, dan tidak bersaing secara langsung dengan blog Tupperware Indonesia. Maka saya memutuskan untuk mejadikan kata Tupperware sebagai subdomain di direktori domain rwpjatijajar.com. Maka jadilah URL menjadi http://rwpjatijajar.com/tupperware. Selanjutnya saya membuat deskripsi blog dengan: Penyedia Produk Tupperware terbaik di Perumahan Jatijajar Depok.

Install Blog sebagai Praktek Membuat Blog Toko Online

Setelah proses riset keyword selesai, maka langkah selanjutnya adalah menginstall wordpress di cpanel. Kemudian mengganti theme bawaan wordpress menjadi theme solostream. Modifikasi template adalah langkah penting sebelum menulis kontent blog, agar sesuai kebutuhan. Saya ingin membangun blog toko online tanpa menggunakan theme toko online, mengapa ? Karena saya ingin menjadikan blog ini seperti blog biasa. Di bagian homenya adalah artikel, tips, trik, video, dan informasi umum yang selalu terupdate. Sedangkan untuk produknya sendiri, cukup dibuatkan satu halaman produk. Dengan demikian pengunjung tidak merasa bosan hanya melihat pajangan produk di bagian home blog ini.

Langkah selanjutnya adalah menginstall plugin yang dibutuhkan. Maka satu persatu plugin diinstal dan disetting. Hal ini butuh waktu yang cukup lama, karena satu persatu harus disetting sesuai kebutuhan blog. Karena blog ini tidak menggunakan theme toko online, maka untuk bisa menampilkan gambar seperti pajangan produk, maka saya menggunakan plugin image gallery.

Plugin yang diinstal mulai dari;

  • Akismet,
  • Jetpack,  
  • All in one SEO Pack,
  • Google Analytics by Yoast,
  • Google XML Sitemaps,
  • Above the Fold Optimization,
  • Autoptimize,
  • Contact Form 7,
  • Huge IT Image Gallery,
  • TinyMCE Advanced,
  • WordPress Ping Optimizer,
  • WP Super Cache.

Membuat Halaman yang dibutuhkan sebagai Praktek Membuat Blog Toko Online

Selanjutnya menulis halaman artikel pertama yakni Hubungi Kami. Menulis postingan pertama yakni Harga Tupperware. Setelah ada postingan pertama, maka dilanjutkan dengan mendaftarkan blog ke Addurl. Kemudian mendaftarkan ke google analytics untuk mendapatkan Google Analytics ID. Selanjutnya mendaftarkan ke Google Webmaster. Melakukan submit sitemap, melakukan fetch as google baik sebagai dekstop dan mobile. Mengubah target internasional ke negara Indonesia.

Sampai disini langkah awal penulisan blog sudah selesai. Selanjutnya tinggal melanjutkan penulisan halaman cara pemesanan. Melanjutkan artikel postingan selanjutnya sesuai dengan riset keyword yang telah dilakukan. Sampai disini proses praktek membuat blog toko online ini telah berjalan dengan baik. Share ke social media adalah langkah penting lainnya, agar blog ini segera terindeks oleh robot google. Semoga blog toko online ini bisa saya kembangkan terus hingga benar-benar menghasilkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *