Toko Online

toko online

toko online

Ketika Anda memasuki sebuah toko, disana akan terlihat bahwa semua item dan jenis barang yang dijual akan dipajang. Ada yang di etalasi, ada yang digantung, ada yang di atas meja, di valet, bahkan di lantai toko. Di teras dan halaman toko, tentu saja akan lebih banyak di gudang penyimpanan barang sebagai persediaan. Dan inilah menjadi gambaran toko online. Dimana seluruh produk di pajang di halaman beranda atau home page.

Contoh Toko Online

Untuk mendapat gambaran riel mengenai model toko online ini, Anda bisa berkunjung ke Amazon. Lazada, Zalora, Bhinneka, Elevania, Ebay, Walmart, Etsy, Bestbuy, Ikea, OLX, Kaskus, Tokopedia, Bukalapak, Qoo10, Lamido, Rakuten, Indonetwork, Blibli. Dan masih banyak lagi yang tidak perlu saya sebutkan satu persatu disini. Dari sekian banyak model toko online, Anda bisa menentukan model yang paling cocok buat model toko online Anda.

Theme toko online digunakan untuk menampilkan seluruh jenis produk di bagian home atau beranda blog. Disana hanya akan ada gambar produk dilengkapi sedikit informasi, nama, kode, harga, dan ketersediaan stok. Mungkin ada informasi diskon, dan dilengkapi tombol pesan, atau tombol detail. Jika diklik barulah akan terbuka halaman baru yang menampilkan rincian atau detail tentang produk tersebut.

Informasi yang Perlu disajikan di Toko Online

Dalam upaya membuat blog toko online, bayangkanlah diri Anda sebagai pembeli produk. Ketika mengeklik salah satu item produk, tentu Anda berharap menemukan segala rincian produk yang Anda inginkan. Mulai dari ukuran, pilihan warna, informasi bahan atau terbuat dari apa. Informasi kualitas, jasa dan ongkos pengiriman, cara pemesanan dan pembayaran. Mungkin banyak hal lainnya yang ingin Anda ketahui. Alangkah menjengkelkan jika satu atau beberapa hal yang ingin Anda ketahui tentang detail produk tersebut, tidak ditemukan dalam rincian produk tersebut.

Maka dengan demikian, ketika Anda membuat blog toko online, sajikanlah segala hal tentang rincian produk yang Anda jual. Sehingga hanya dengan melihat rincian produk tersebut, pengunjung atau calon pembeli sudah harus bisa memutuskan. Apakah dia akan membeli atau tidak atas produk yang dipromosikan di toko  Anda.

Namun demikian tidak bisa dipungkiri, bahwa kemungkinan masih ada informasi produk yang diinginkan pelanggan yang belum kita cantumkan disana. Karena berbeda orang, berbeda pula cara pandang dan penilaiannya terhadap produk yang kita tawarkan. Untuk itu sediakanlah kontak form di satu halaman tersendiri. Disana para pengunjung atau calon pembeli akan menanyakan sesuatu hal yang ingin mereka ketahui lebih rinci tentang produk yang Anda promosikan. Lengkapi dengan contact person. Bisa berupa HP atau Whatsapp, BBM atau alamat email, atau yahoo messenger dan fasilitas chatting lainnya.

Untuk mempermudah calon pembeli melakukan transaksi pembelian, maka sebaiknya Anda sediakan nomor rekening tujuan pembayaran dialamatkan. Jika memungkinkan berikan beberapa alternatif nomor rekening bank yang berbeda yang paling  umum digunakan orang. Jangan lupa untuk menyiapkan satu halaman cara pembayaran. Dimana Anda mencantumkan proses pemesanan, pembayaran dan proses konfirmasinya.

Perlakukan Toko Online Sebagai Bisnis

Sebuah toko adalah  bisnis. Maka perlakukanlah sebagai bisnis. Untuk mendapatkan kepercayaan dari pengunjung atau calon pembeli, maka sebaiknya daftarkanlah toko online Anda ke Google Place atau Google Business. Hal ini akan mempermudah pengunjung atau calon pembeli untuk mencari informasi keberadaan toko online Anda.

Dengan mendaftarkan ke google place, maka Anda berpeluang mendapatkan satu page di google+ sekaligus dengan fasilitas satu channel you tube. Manfaatkanlah fasilitas ini untuk bergabung dalam komunitas pebisnis.  Komunitas yang sejenis dengan bisnis atau produk toko online Anda. Akan sangat baik, jika Anda menyediakan video promosi. Video penjelasan tentang detail produk Anda di channel youtube bisnis Anda. Video ini akan sangat baik jika Anda embed atau tempelkan di blog toko online. Sehingga pengunjung bisa melihat lebih nyata tentang produk yang akan mereka beli. Jika Anda belum bisa membuat video tutorial untuk produk Anda, silahkan ikuti Workshop membuat video tutorial di RWP Jatijajar.

Dalam rangka membuat blog toko online, RWP Jatijajar menyediakan dua opsi bagi Anda;

  1. Blog Toko Online dengan menggunakan blogspot sebagai fasilitas free dari Google Akun,
  2. Blog Toko Online dengan menggunakan wordpress serta domain dan hosting sendiri. Bisa Anda ikuti di Bimbel Toko Online 

Jika Anda butuh konsultasi silahkan gunakan kontak form Hubungi RWP Jatijajar. Atau hubungi Vitus Polikarpus di HP|WA|Telegram: 081317937777,  atau chatting di facebook : Vitus Polikarpus

1 thought on “Toko Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *