Cara Mengolah dan Memasak Sayur Pare

| 8 Juni 2016 | 0 Comments

Cara Mengolah dan Memasak Sayur PareMengolah dan memasak sayur pare, yang notabene asalnya memiliki rasa pahit, butuh keahlian khusus. Apakah Anda senang makan sayur pare ? Mungkin Anda suka makan sayur ini, yang dijual di warteg di sekitar tempat tinggal atau tempat kerja, atau di warung makan langganan Anda. Warnanya sudah kecoklatan, dan sudah sangat matang dan empuk. Pertanyaannya adalah, apakah cara masak demikian baik, dan masih mengandung vitamin ?  Ya, semua tergantung kebiasaan, dan selera yang memasaknya ya,…

Bagaiamana seharusnya cara mengolah dan memasak Sayur Pare yang baik dan sehat ?

Sayur Pare yang masih segar, baru dipetik dari pohonnya, tentu masih bagus dan sehat untuk dikonsumsi, sebagai sayuran pelengkap makanan keluarga Anda. Buah pare yang paling enak dimakan jadi sayuran, adalah yang masih muda, dan kulitnya belum mengeras. Sehingga buah pare, tidak perlu dibuang kulitnya, namun bisa dimakan langsung.

Cucilah terlebih dahulu buah pare yang akan dimasak. Belah dua buah parenya, dan buang bagian dalamnya, serta semua bijinya. Setelah bersih dari bijinya, silahkan potong-potong tipis sesuai bentuk yang Anda inginkan.

Selanjutnya bubuhi garam secukupnya, dan aduk rata sambil diremas, agar garam bercampur dengan semua potongan buah pare. Biarkan beberapa menit, potongan buah pare yang telah dibubuhi garam dan telah diremas.

Sambil menunggu, silahkan persiapkan bumbunya. Apa saja bumbu untuk sayur pare?

Berikut adalah bumbu yang dibutuhkan: cabe, bisa cabe merah, atau cabe hijau, atau cabe rawit sesuai selera Anda, kemudian bawang merah, dan bawah putih, Garam, dan Gula Pasir, secukupnya. Irislah secara tipis cabe, bawang merah, dan bawang putih tersebut.

Cara Memasak Sayur Pare

Buah pare yang sudah dipotong, dicampur dengan garam dan diremas, kini dibersihkan terlebih dahulu, di air bersih atau air mengalir, agar garamnya terbuang bersama air, sehingga sayur parenya nantinya tidak menjadi asin.

Setelah bersih, siapkan penggorengan, dan tumislah terlebih dahulu bumbu cabe, bawang yang telah diiris tipis sebelumnya. Jika aromanya sudah harum, masukkanlah irisan buah pare yang sudah dicuci bersih, aduk hingga rata, agar bercampur dengan bumbunya, tambahkan sedikit garam dan gula pasir, aduk terus hingga matang. Jika sudah agak melunak, segeralah angkat, jangan sampai warnanya berubah kecoklatan. Akan lebih sehat, jika masih tetap berwarna kehijauan, sehingga terkesan segar, dan vitaminnya tidak hangus karena terlalu matang.

Untuk lebih jelasnya, silahkan tonton video Cara Mengolah dan Memasak Sayur Pare berikut hingga selesai, agar bisa dipraktekkan sendiri.

a

Tags: , , ,

Category: Tips Makanan Sehat

About the Author ()

Setiap saran, masukan, pertanyaan yang Anda tuliskan disini, akan sangat berharga buat saya. Bisa membaca tulisan Anda disini, adalah suatu kehormatan buat saya.

%d blogger menyukai ini: