YouTube

Youtube

Youtube

YouTube bukan sesuatu yang asing lagi bagi Anda, bahkan mungkin menjadi bagian kehidupan Anda sehari-hari. Namun demikian, apakah Anda sudah merasakan manfaatnya  bagi kehidupan Anda ? Atau Anda hanya sekedar pengguna saja ? Atau Anda  mungkin sudah menghasilkan dollar demi dollar dari youtube ?

Banyak orang menjadi terkenal gara-gara youtube, banyak orang menjadi milyarder karenanya, banyak orang mengalami transformasi kehidupan menjadi lebih baik, berawal dari youtube. Pertanyaannya adalah bagaimana cara mereka menghasilkan sesuatu dari youtube ? Bagaimana cara mereka membuat video-video menarik yang disukai pengunjung, sehingga channel youtubenya banyak subscriber, video-videonya banyak dilike, dan pada akhirnya menghasilkan uang dari iklan yang ditayangkan di videonya ? Inilah yang akan menjadi pembahasan kita dalam artikel ini.

Apakah Anda tahu tentang youtube analytics ? Tools ini memberikan laporan evaluasi kepada pemilik channel youtube, tentang berbagai hal:

  1. Overview; realtime dalam 2 hari terakhir, satu jam terakhir, hingga 30 menit terakhir. Kemudian overview secara bulanan, triwulan, dan tahunan; yakni melaporkan berapa kali dilihat, berapa lama ditonton, dan berapa taksiran penghasilan, berapa banyak yang suka/tidak suka, berapa kali dikomentari, berapa kali dibagikan, berapa video yang masuk dalam daftar putar, dan berapa banyak yang berlangganan. Selanjutnya berapa banyak jumlah wanita dan pria yang menonton dari setiap negara sesuai dengan range usia, serta bagaimana video Anda ditemukan.
  2. Traffic Source; menjelaskan sumber kunjungan hari demi hari, semakin banyak sumber kunjungan artinya semakin baik; mulai dari youtube search, suggested videos, direct or unknown, external, playlist, unknown embended player, google search, other youtube features, browse features, youtube partner promotion, youtube channel page, external app, video cards and annotations, youtube advertising.
  3. Devices; dengan perangkat apa video Anda ditonton; computer, mobile phone, tablet, tv, unknown, game console, dll
  4. Audience Retention; menjelaskan setiap video di channel youtube Anda, berapa lama ditonton, rata-rata durasi ditonton, dan persentasi rata-rata ditonton
  5. Subscribers; menjelaskan jumlah subscriber Anda saat ini, jumlah subscriber yang pernah dicapai, dan jumlah subscriber yang hilang; dilaporkan dari sumbernya, asal negara, tanggal, dan subscription status.
  6. Likes and dislikes untuk masing-masing video
  7. Video in Playlist; melaporkan jumlah video dalam playlist saat ini, berapa jumlah video yang pernah ditambahkan ke playlist, dan berapa banyak video yang dikeluarkan dari playlist
  8. Comments; melaporkan berapa banyak komentar dalam setiap video
  9. Sharing; melaporkan berapa kali video Anda dibagikan
  10. Annotations; melaporkan berapa kali annotation Anda diklik dan ditutup
  11. Cards; melaporkan waktu dimulainya info kartu, berapa kali info kartu diklik, dan berapa kali kartunya diklik

Inilah laporan youtube analytics yang bisa Anda manfaatkan laporannya dalam mengevaluasi kinerja video di channel youtube Anda.

Berbicara tentang youtube, tentu kita akan pernah mengenal tentang :

  1. youtube trend yang menyajikan video-video yang sedang ngetrend setiap minggunya, maka jika Anda senang mencari ide untuk membuat video-video yang sedang ngetrend disinilah tempatnya
  2. Creator Academy tempat dimana kita mendapatkan pelatihan bagaimana membuat dan  mengembangkan channel youtube, dan berfungsi sebagai pusat sumber daya untuk membantu Anda membuat konten yang lebih baik, membangun basis penggemar dan mengubah kreativitas menjadi karier
  3. Multi Channel Networks (MCN) atau Jaringan Multi Saluran merupakan  komunitas  yang berafiliasi dengan beberapa saluran YouTube, yang sering kali menawarkan bantuan di area-area yang meliputi produk, pemrograman, pendanaan, lintas promosi, manajemen mitra, manajemen hak digital, monetisasi atau penjualan, dan atau pengembangan pemirsa.

Dalam praktek sehari-hari, para pemilik channel youtube mencoba berbagai cara untuk memaksimalkan pengunjung, memperbanyak like, dan memperbanyak subscriber. Ada yang berusaha membuat konten lucu, membuat video dengan rangkai slide show agar buffering video lebih lancar, ada yang membagikannya ke berbagai social media, bahkan ada yang membuat website khusus berisi video. Namun ada juga yang menggunakan situs dan software penambah like, penambah langganan, dengan pembuatan komentar otomatis seperti : Enchance Views,  AddMeFast, YouLikeHits, dan masih banyak yang lainnya. Apapun pilihannya, tentu semua punya resiko, ada yang membangun channel youtube dengan susah payah dan dalam waktu lama baru mendapatkan hasil, namun ada yang mencari jalan pintas dengan berbagai trik, walaupun punya resiko terkena penalty dari youtube.

Apapun cara yang Anda tempuh dalam mengelola channel youtube Anda, semoga Anda bisa mendapatkan dollar demi dollar dari youtube sebagai imbalan atas kerja keras dan kreativitas Anda. Dan semoga channel youtube Anda membawa berkat buat setiap orang yang menemukan dan menontonnya.

About Peluang Bisnis Toko Online

Trainer Interner|Tutor Computer|Social eCommerce Consultant
Tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *